Senin, 25 April 2016



Budhe Sri, Penjual Pakan Burung 

 Toko pakan burung Koko adalah milik Budhe Sri Sutarmi, yang kerap disapa Budhe Sri. Ia lahir di Delanggu, 17 Februari 1961, sekarang berumur hampir 55 tahun. Budhe Sri merupakan lulusan SLTA dan beragama islam. Jumlah keluarganya ada 5 yaitu, Pakdhe Sudarmanto, Budhe Sri Sutarmi, anak pertama Mas Ading, anak kedua Mas Koko, dan yang terakhir Mas Bagas. Alamatnya di desa Geritan, Belang Wetan, Klaten Utara. 

Ia mulai membuka toko sejak anak keduanya yaitu, Mas Koko masih kecil. Selain buka toko pakan burung, Ia sekeluarga juga membuka rental PS, dan suami Nya menggarap sawah milik keluarga. Di toko Nya, Ia bukan hanya menjual pakan burung, Ia juga menjual rokok dan minuman untuk para pelanggan yang datang untuk bermain PS. Toko pakan burung dan rental PS, buka dari jam setengah 6 pagi sampai dengan jam 8 malam. Budhe Sri dan Mas Koko terjun langsung untuk mengurus toko pakan burung dan rental PS tersebut. Penghasilannya sekitar 300.000 ribu lebih per hari bila hari Sabtu dan Minggu, untuk hari biasa 200.000 lebih per hari. 

Sebelum toko tersebut berjualan pakan burung, keluarga Budhe Sri sudah berjualan, tetapi bukanlah pakan burung, melainkan beras, katul dan lain-lain. Dari hasil penjualan beras dan katul Budhe Sri mulai untuk berjualan pakan burung. Bila toko pakan burung tutup atau tidak jualan Budhe Sri, membantu suami Nya di sawah. Menurutnya pekerjaannya menyenangkan karena mendapatkan untung. 


Dari wawancara tersebut, Saya belajar untuk bekerja keras dan berani untuk memulai yang baru, agar dapat bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar