Senin, 25 April 2016



BU WIDI, PENJUAL TOKO KELONTONG

Tanggal 17 April 2016, aku mewawancarai seorang pemilik toko kelontong di Toko Widi yang terletak di desa Kuwangan, Borongan, Polanharjo, Klaten. Bu Widi memulai usahanya sekitar 4 tahun lalu, yang dimulai dari toko kecil yang menjual makanan ringan, permen, minuman, dan bensin. Targetnya adalah anak-anak dan orang yang melewati warungnya.

Dari warung kecilnya Bu Widi melihat peluang usahanya bisa dikembangkan karena ibu-ibu yang mengantar anaknya membeli makanan ringan sering menanyakan berbagai kebutuhan rumah tangga yang lain. Akhirnya Bu Widi menambah barang dagangannya dengan berbagai kebutuhan rumah tangga seperti plastik, kardus, tempat makanan, sabun mandi, dll.

Bukannya tanpa kendala, toko itu pernah terbakar karena saat menakar bensin pada malam hari, Bu Widi menggunakan lilin sebagai penerangan sehingga terjadi kebakaran. Bu Widi pun harus di rawat di rumah sakit karena luka bakar.

Sekarang toko itu seperti swalayan, buka dari pukul 6 malam sampai pukul 8 malam, dan telah memiliki 1 karyawan. Bu Widi terjun langsung mengelola tokonya di bantu karyawannya tersebut. Penghasilan bersih perbulannya berkisar antara 1,5 sampai 3 juta rupiah.

Dari wawancara tersebut saya tahu bahwa mencapai kesuksesan harus selalu berusaha dan tidak boleh pantang menyerah.



-Thania-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar