Senin, 27 April 2015

Ibu Maria



Ibu ini bernama Ibu Maria. Ibu Maria adalah seorang penjual sate keliling. Ibu Maria tinggal di Bareng, Klaten. Usia Ibu Maria saat ini adalah 50 tahun.

Ibu Maria sudah 30 tahun bekerja sebagai tukang sate. Pekerjaannya dimulai sejak tahun 1980-an. Setiap hari, Ibu Maria berjualan keliling. Setelah berkeliling, beliau menjual satenya di depan toko roti “Muntjul”.

Cara membuat sate menurut cara Ibu Maria adalah pertama potong ayam kecil-kecil, lalu tusuk daging ayam. Saat akan berjualan, daging-daging sate tersebut dibakar terlebih dahulu. Ibu Maria mulai berjualan dari pagi sampai dagangannya habis. Harga 1 sate adalah 750 rupiah dan 1 lontong dihargai sebesar 2.000 rupiah saja.

Suka duka juga dirasakan oleh Ibu Maria sebagai penjual sate keliling. Beliau harus bekerja keras, mengeluarkan “ragad”, dan rasa lelah juga ditanggungnya. Ibu Maria memilih berjualan sate karena berjualan sate adalah kebiasaan orang-orang Madura.

Dari wawancara tersebut, saya bisa mempelajari tentang cara menjadi seorang pedangang/wirausahawan sederhana dan saya juga bisa memahami bahwa menjadi seorang pedagang itu tidak mudah. Saya juga bisa memahami bagaimana keseharian orang lain dalam mencari nafkah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar